7 Tips dan Trik Rahasia Di WhatsApp yang Mungkin Kalian Belum Ketahui

Trik dan tips unik WhatsApp
18 / 100

Siapa sih yang tidak mengenal WhatsApp ? kalau biasa orang menyebut dengan sebuatan WA. Hampir di semua smartphone yang dimiliki setiap orang sudah memiliki WA, disamping juga karena kebanyakan smartphone yang baru dibeli sekarang sudah terinstal aplikasi sosial media termasuk WhatsApp.

WhatsApp saat ini telah menjadi aplikasi chatting yang paling popular di pengguna Android maupun Iphone. Buktinya aplikasi ini telah berhasil memperoleh lebih dari 5 Miliar download dan rating cukup baik yaitu 4,3 /5 bintang yang diperoleh pada saat ini.

Seiring bertambahnya pengguna WA, ada beberapa fitur-fitur dari aplikasi ini yang cukup menarik, bahkan sangat jarang digunakan oleh banyak pengguna. Bisa jadi mungkin di anggap tidak terlalu penting atau mungkin belum mendapat informasi mengenai fitur tersebut.

Pada pembahasan ini, saya akan coba berbagi informasi mengenai 7 fitur menarik di WhatsApp yang mungkin teman-teman belum mengetahuinya.

1. Membuat Tulisan Tebal, Miring, Coretan dan Tulisan Berjarak

Fitur ini mungkin sangat jarang digunakan oleh pengguna WhatsApp, karena selain penggunaannya lebih tempat dipakai untuk kata-kata yang difokuskan juga membuatnya harus ada tambahan perintah di awal dan akhir kata. Langsung saja ini dia tutorial dalam membuat tulisan Tebal, Miring, Coretan dan Berjarak.

1. Membuat Tulisan Tebal

Cara membuat tulisan seperti itu cukup dengan melakukan perintah dengan menambahkan bintang (*) di awal dan di akhir kata. Maka dengan sendirinya tulisan tersebut akan berubah menjadi tebal seperti contoh di atas.

2. Membuat Tulisan Miring

Sama seperti di atas, membuat tulisan miring sangat mudah. Lakukan dengan menambahkan garis bawah (_) di awal dan di akhir kata.

3. Membuat Tulisan Bercoret

Membuat tulisan ini juga sangat mudah dengan melakukan penambahan tilde (~) di awal dan akhir kata.

4. Membuat Tulisan Berjarak

Sama seperti di atas , cukup dengan menambahkan tiga aksen kubur (`) di awal dan akhir kata.

Itu dia penjelasan dalam membuat beberapa tulisan unik seperti di atas, mungkin bagi teman-teman yang belum mengetahuinya boleh di coba, cocok buat kata yang memfokuskan suatu maksud.

2. Memindahkan Data Media ke PC Melalui WhatsApp

Kegunaan ini juga sangat bermanfaat digunakan untuk memindahkan suatu data lalu disimpan ke PC kalian. Dengan adanya fitur ini sangat memudahkan kalian untuk memindahi berbagai macam jenis data.

Cara yang bisa kalian lakukan untuk menggunakan fitur ini sebagai berikut:

1. Membuat Grup Sendiri

Pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat grup sendiri yang isinya adalah kontak kalian sendiri. Dengan membuat grup, maka nantinya kalian bisa memindahkan file-file data yang ingin dipindahkan ke PC.

2. Login Web WhatsApp

Ini adalah langkah kedua yang harus dilakukan untuk bisa memindahkan data ke PC. Kalian bisa melakukan login web WA menggunakan salah satu akun yang telah kalian persiapkan sebelumnya.

Caranya sangat mudah, yaitu :

  • Kalian bisa buka akun WhatsApp di smartphone yang ingin di pindahkan ke PC
  • Kemudian klik titik 3 di pojok kanan atas
  • Lalu pilih WhatsApp Web
  • Kemudian kalian bisa pindahin QR code yang tertera di Web WhatsApp PC.
  • Maka secara otomatis kamu akan diarahkan ke Web WA yang ada di PC kalian.

3. Kirim File ke Grup dan Download ke PC

Setelah melakukan tahapan yang telah dibahas di atas, Langkah yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah dengan mengirimkan file yang ingin dipindahkan ke PC melalui grup WA yang telah kita buat. Ketika file sudah berhasil dikirim lalu kalian bisa membuka file tersebut dan mulai mendowload. Seketika file tersebut sudah berhasil masuk ke PC kalian.

3. Menghapus atau Membersihkan File Data Kontak Pengguna WA

Dibeberapa pengguna WA kadang ada yang menggunakan smartphone yang memiliki RAM kecil. Sehingga ketika mereka sudah memiliki aplikasi yg bisa dikatakan banyak, bisa terjadi pemenuhan RAM di smarphonenya. Akibatnya apa ? maka performa dalam mengunakan aplikasi yang dibutuhkan menjadi terganggu karena terasa berat atau loading lama.

Mengatasi masalah tersebut adalah dengan menghapus data-data yang sudah terlalu banyak dan juga tidak terlalu dibutuhkan. Di fitur WhatsApp kalian bisa melakukan penghapusan atau pengkosongan dibeberapa kontak WA yang mungkin dianggap sudah tidak terlalu penting. Maka dengan itu, data atau riwayat chat maupun media akan terhapus sesuai keinginan.

Cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Membuka WhatsApp di smartphone
  • Pilih menu titik 3 dipojok kanan atas
  • Setelan
  • Data dan Penyimpanan
  • Pengguna Penyimpanan
  • Pilih kontak yang ingin dikosongkan ruang

4. Menghentikan Pengunduhan Media Otomatis

Hampir semua kalangan di era digital sekarang ini memilih menggunakan fitur chatting melalui WhatsApp. Dengan itu, pasti dalam Aplikasi WA mereka banyak sekali chatting aktif termasuk grup WA. Pada grup biasanya terdapat tidak sedikit pengguna yang aktif membahas sesuatu mengenai grup mereka. Dipembahasan grup sering sekali kita lihat mereka saling mengirimkan file media berupa gambar dan video. Lalu tanpa kita sadari ketika kita melihat gallery media di smartphone kita, banyak sekali gambar dan video telah unduh otomatis.

Jika kita tidak segera melakukan penghentian unduh otomatis, banyak sekali hal-hal yang mungkin merugikan kita, termasuk gambar-gambar yang tak ingin ada di gallery media kita dan juga pasti memboroskan paket data internet. Ada langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk melakukan pemberhentian unduh otomatis, yaitu:

  • Buka WhatsApp
  • Setelan
  • Data dan Penyimpanan
  • pilih saat menggunakan data seluler

Setelah itu kalian bisa kosongin tanpa centang dari keempat pilihan file tersebut, maka media yang masuk ke WhatsApp kalian sekarang tidak akan otomatis terunduh.

5. Menghilangkan Tampilan Terakhir Dilihat

Beberapa fitur aplikasi chatting yang sekarang lagi populer termasuk WhatsApp sudah memiliki banyak keunggulan diantaranya adalah dapat melihat teman kontak yang sedang online, terakhir online dan lain sebagainya. Pasti dari kita ada juga yang tidak ingin memperlihatkan tampilan terakhir dilihat bukan ?

Baiklah, kali ini kita akan membahas cara menghilangkan tampilan “terakhir dilihat” pada aplikasi WhatsApp, yaitu:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih Setelan>Akun> Privasi
  • Lalu Pilih Terakhir dilihat
  • Kemudian Pilih “Tidak ada”

6. Menambahkan Kontak ke Homescreen

Pada fitur ini sangat membantu kalian untuk memisahkan kontak favorit ke tampilan homescreen smartphone. Kelebihan ini berfungsi agar kita tidak repot harus membuka aplikasi WA kemudian melakukan chat ke kontak favorit. Cukup dengan menambahkan kontak ke tampilan homescreen, kalian sudah bisa langsung melakukan chatting tanpa harus membuka aplikasi WA.

Baiklah, langsung saja ini dia langkah untuk melakukannya:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih kontak yang akan di pindahkan ke homescreen
  • Lalu klik titik 3 yang ada di pojok kanan atas
  • Kemudian pilih “Tambah pintasan chat”

7. Melihat Daftar Kontak yang Diblokir

Disemua aplikasi sosial media sudah pasti memiliki fitur blokir, dikarenakan developer ingin menjamin rasa aman bagi penggunanya. Banyak faktor yang mempengaruhi kenapa seseorang melakukan pemblokiran terhadap suatu kontak. Salah satunya dikarenakan mungkin telah merasa terganggu oleh sesama pengguna lainnya.

Tapi ada sebagian pengguna tidak pernah cek daftar kontak-kontak yang telah mereka blokir, salah satu alasan dikarenakan belum mengetahui tempat daftar blokir. Nah, kali ini kita bahas cara melihat “daftar blokir” di WhatsApp, yaitu:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Setelan>Akun>Privasi
  • Lalu pilih “kontak terblokir”
  • Setelah itu kita akan diarahkan ke daftar kontak yang telah terblokir

Itulah beberapa informasi yang masih banyak pengguna WhatsApp belum mengetahui trik-trik simpel dari aplikasi chatting yang sangat popular di era digital saat ini. Semoga informasi yang disajikan bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan teman-teman semua. Terimakasih atas perhatiannya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *